Kamis, 25 Mei 2017

TIPS MEMILIH JENIS KAYU YANG BAIK UNTUK KERAJINAN BAHAN KERAS

TIPS MEMILIH JENIS KAYU YANG BAIK UNTUK KERAJINAN BAHAN KERAS

Di dalam bisnis langkah untuk membuat pelanggan percaya pada bisnis kita adalah dari barang yang digunakan dipercaya atau tidak. Berikut Jenis kayu yang baik untuk pekerjaan ukiran dan yang biasa digunakan di sentra ukiran indonesia, antara lain:

1. Kayu Jati

    Kayu Jati sangat cocok untuk bahan ukir karena memiliki serat yang padat, lurus, berwarna cokelat kekuningan. Hutan Jati produksi banyak tumbuh di Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumbawa, Sulawesi dan Sumatra.

2. Kayu Mahoni

    Kayu Mahoni juga cocok untuk bahan ukir. Kayu ini berwarna coklat ke merahan, mempunyai serat yang padat dan tekstur yang halus, dan kembang susutnya relatif rendah. Hutan produksi kayu Mahoni banyak di daerah pulau Jawa

3. Kayu Sonoteling

      Kayu Mahoni juga cocok untuk bahan ukir. Kayu ini berwarna coklat ke merahan, mempunyai serat yang padat dan tekstur yang halus, dan kembang susutnya relatif rendah. Kayu Sonoteling memiliki sifat lebih keras dari pada kayu jati, memiliki serat yang padat dan keras, berwarna cokelat ke unguan, dengan garis kehitam-hitaman dan ke kuning-kuningan dan kembang susut relatif rendah. Hutan produksi Kayu Sonoteling banyak terdapat di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

4. Kayu Eben

       Jenis Kayu Eben sering disebut kayu hitam, kayu areng, kayu kamuni atau kayu wawana. Kayu ini banyak tumbuh di Indonesia dan biasanya di daerah Maluku, Kalimantan, Sulawesi. Kayu Eben berwarna hitam dan bergaris0garis putih yang cukup lebar pada setiap alur seratnya. Kayu ini termasuk jenis kayu keras, serat dan teksturnya seperti kayu Sonoteling

5. Kayu Cendana

      Kayu Cendana merupakan jenis kayu berkarakter khusus baunya yaitu yang sangat harum. Kayu ini termasuk jenis kayu keras, serat dan teksturya yang halus.

sumber : http://www.academia.edu/21868023/Kerajinan_Bahan_Keras_dan_Wirausaha


EmoticonEmoticon